Kamis, 12 Juli 2012

KTSP SDN MKS 03


Kata Pengantar
Pertama-tama, kami panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas kehendak-Nya jua, kami masih diberi kesempatan untuk mengabdikan diri demi kemajuan pendidikan anak negeri. Rasa terima kasih yang mendalam tak lupa kami sampaikan kepada Bapak/Ibu Guru, yang telah memberi kepercayaan kepada kami sebagai penulis, dengan menggunakan buku-buku hasil karya kami. Sebagai ungkapan terima kasih tersebut, kami mencoba memberikan nilai lebih terhadap buku-buku kami. Salah satunya berupa Model KTSP. Model KTSP ini dikembangkan berdasarkan rambu-rambu dan pedoman yang ditetapkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Sesuai judulnya, Model KTSP ini hanya merupakan alternatif bagi Bapak/Ibu Guru sekalian. Harapan kami, Model KTSP yang kami susun ini dapat menjadi pedoman bagi Bapak/Ibu Guru dalam menyusun KTSP yang sesuai dengan kondisi sekolah dan potensi daerah masing-masing.
Akhirnya, kami mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan Model KTSP ini. Mudah-mudahan, apa yang kami persembahkan ini dapat bermanfaat bagi Bapak/ Ibu Guru dalam memajukan pendidikan anak-anak bangsa.
Mekarsari, Juni 2012
Penyusun











Daftar Isi
Kata Pengantar ________________________________________________ iii
Daftar Isi __________________________________________________ iv
I. PENDAHULUAN _____________________________________ 1
A. Latar Belakang ________________________________________ 1
B. Tujuan Pengembangan Kurikulum _________________________ 2
C. Prinsip Pengembangan Kurikulum _________________________ 4
II.TUJUAN ___________________________________________ 9
A. Tujuan Pendidikan _____________________________________ 9
B. Visi _________________________________________________ 9
C. Misi _________________________________________________ 10
D. Tujuan Sekolah ________________________________________ 10
III.STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM _________________ 12
A. Mata Pelajaran ________________________________________ 12
B. Muatan Lokal _________________________________________ 14
C. Pengembangan Diri ____________________________________ 14
D. Pengaturan Beban Belajar _______________________________ 15
E. Ketentuasan Belajar ____________________________________ 16
F. Kenaikan Kelas dan Kelulusan ____________________________ 17
1. Kenaikan Kelas _____________________________________ 17
2. Kelulusan _________________________________________ 17
G. Pendidikan Kecakapan Hidup ____________________________ 18
H. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global ___________ 18
IV. KALENDER PENDIDIKAN _____________________________ 20
A. Alokasi Waktu ________________________________________ 20
B. Penetapan Kalender Pendidikan ___________________________ 21
PENUTUP __________________________________________ 26
Daftar Pustaka ________________________________________________ 27












BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pemberlakuan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah menuntut pelaksanaan otonomi daerah dan wawasan demokrasi dalam penyelenggaraan pendidikan. Pengelolaan yang semula bersifat sentralistik berubah menjadi desentralistik. Penerapan desentralisasi pengelolaan pendidikan adalah dengan diberikannya wewenang kepada sekolah untuk menyusun kurikulum. Hal itu juga mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu Pasal 3 tentang fungsi dan tujuan pendidikan nasional serta Pasal 35 tentang standar nasional pendidikan.
Selain itu, juga adanya tuntutan globalisasi dalam bidang pendidikan yang memacu keberhasilan pendidikan nasional agar dapat bersaing dengan hasil pendidikan negara-negara maju.
Desentralisasi pengelolaan pendidikan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kondisi daerah perlu segera dilaksanakan. Bukti nyata dari desentralisasi pengelolaan pendidikan ini adalah diberikannya kewenangan kepada sekolah untuk mengambil keputusan berkenaan dengan pengelolaan pendidikan, seperti dalam pengelolaan kurikulum, baik dalam penyusunannya maupun pelaksanaannya di sekolah. Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik. Oleh sebab itu, kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, standar kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum. Pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan
kepada peserta didik untuk :
 (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
 (b) belajar untuk memahami dan menghayati;
 (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif;
 (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain; dan
 (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
Kewenangan sekolah dalam menyusun kurikulum memungkinkan sekolah menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, dan kondisi daerah. Dengan demikian, daerah dan/atau sekolah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan hal-hal yang diajarkan, pengelolaan pengalaman belajar, cara mengajar, dan menilai keberhasilan belajar mengajar.
B.Tujuan Pengembangan Kurikulum
Sebelum diuraikan tentang tujuan pengembangan kurikulum, terlebih dahulu
akan dipaparkan tentang kerangka dasar kurikulum. Peraturan Pemerintah (PP)
Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 6 Ayat (1)
menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus
pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas
1. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
2. kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
3. kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
4. kelompok mata pelajaran estetika;
5. kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan.
Cakupan setiap kelompok mata pelajaran disajikan pada tabel berikut:
NO
Kelompok Mata Pelajaran
Cakupan

1
Agama dan Akhlak
Mulia
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2
Kewarganegaraan
dan Kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa, dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan
membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi,
kolusi, dan nepotisme.
3.
Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada jenjang SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif, dan mandiri.
4.
Estetika
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan, dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni.
Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan,serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup maupun dalam kehidupan masyarakat sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5
Jasmani, olahraga,
dan Kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan pada jenjang SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dan perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.
Tabel 1: Kelompok mata pelajaran dan cakupan kelompok mata pelajaran

Berdasarkan cakupan kelompok mata pelajaran tersebut, dapat dipaparkan tujuan pengembangan kurikulum adalah sebagai berikut.
1. Membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada  Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia
2. Meningkatkan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta meningkatkan kualitas dirinya sebagai manusia
3. Mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif, dan mandiri.
4. Meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan, dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni
5. Meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat
C. Prinsip Pengembangan Kurikulum
KTSP dikembangkan dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta memerhatikan pertimbangan komite sekolah/madrasah.
Berdasarkan ketentuan tersebut, kurikulum SDN  Mekarsari 03 dikembangkan dengan prinsip sebagai berikut.
1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki  posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri. Selain itu, juga menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan
tersebut, pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik, serta tuntutan lingkungan.
2. Beragam dan terpadu
Kurikulum dikembangkan dengan memerhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, dan jenjang. Kurikulum juga dikembangkan berdasarkan jenis pendidikan tanpa membedakan agama, suku, budaya dan adat istiadat, serta status sosial, ekonomi, dan gender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu. Kurikulum tersebut disusun secara berkaitan dan berkesinambungan yang bermakna dan tepat antarsubstansi.
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum mendorong peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan secara tepat perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tersebut.
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi di pendidikan dengan kebutuhan kehidupan. Termasuk di dalamnya adalah kehidupan kemasyarakatan, dunia  usaha, dan dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan berpikir, keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan
keterampilan vokasional merupakan keniscayaan.
5. Menyeluruh dan berkesinambungan
Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian, keilmuan, dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antarsemua jenjang pendidikan.
6. Belajar sepanjang hayat
Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal, dan informal dengan memerhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seluruhnya.
7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
Kurikulum dikembangkan dengan memerhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto Bhinneka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dalam pelaksanaannya, kurikulum dilaksanakan dengan prinsip sebagai berikut.
1.  Pelaksanaan kurikulum didasarkan pada potensi, perkembangan, dan kondisi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya. Dalam hal ini, peserta didik harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis dan menyenangkan.
2. Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan kelima pilar belajar, yaitu:
(a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
(b) belajar untuk memahami dan menghayati,
(c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
(d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan
(e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran
yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
3. Pelaksanaan kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan/atau percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisi peserta didik dengan tetap memerhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ketuhanan, keindividuan, kesosialan, dan moral.
4. Kurikulum dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat, dengan prinsip ing ngarsa sung tulada, ing madia mangun karsa, tut wuri handayani (di depan memberikan contoh dan teladan, di tengah membangun semangat dan prakarsa, di belakang memberikan daya dan kekuatan).
5. Kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dengan prinsip alam takambang jadi guru (semua yang terjadi, tergelar, dan berkembang di masyarakat, lingkungan sekitar, serta lingkungan alam semesta dijadikan sumber belajar, contoh, dan teladan).
6. Kurikulum dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, sosial, dan budaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal.
7. Kurikulum yang mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok dan memadai antarkelas dan jenis serta jenjang pendidikan.
Selain itu, pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan perlu sesuai
dengan Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP). Adapun Standar
Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP) selengkapnya adalah:
1.  Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
2.  Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
3. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
4. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
5. Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif
6. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif dengan bimbingan guru/pendidik
7. Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
8. Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
9. Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar
10. Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
11. Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
12. Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal
13. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
14. Berkomunikasi secara jelas dan santun
15. Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
16. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
17. Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung
Sebagaimana disebutkan pada Tujuan Pengembangan Kurikulum (halaman 2– 4), Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) terdiri atas kelompokkelompok  mata pelajaran seperti berikut.
1. Agama dan Akhlak Mulia;
2. Kewarganegaraan dan Kepribadian;
3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
4. Estetika;
5. Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan.
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) dikembangkan berdasarkan tujuan dan cakupan muatan dan/atau kegiatan setiap kelompok mata
pelajaran. Adapun Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) untuk masing-masing satuan pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut:
No
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran
(SK-KMP)
1.
Agama dan Akhlak Mulia
1. Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap    perkembangan anak
2. Menunjukkan sikap jujur dan adil
3. Mengenal keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
4. Berkomunikasi secara santun yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
5. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat,
bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya
6. Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap sesama manusia dan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan
2.
Kewarganegaraan dan Kepribadian
1. Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
2. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
3. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
4. Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
5. Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
6. Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
7. Berkomunikasi secara santun
8. Menunjukkan kegemaran membaca
9. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
10. Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
11. Menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya lokal
3.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
1. Mengenal dan menggunakan berbagai informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif
2. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif dengan bimbingan guru/pendidik
3. Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi
4. Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah
sederhana dalam kehidupan sehari-hari
5. Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar
6. Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung
7. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
4.
Estetika
Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal
5.
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
1. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang
2. Mengenal berbagai informasi tentang potensi sumber daya lokal untuk menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan
waktu luang
Tabel 2: Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP)
BAB II
TUJUAN
A. Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dirumuskan mengacu pada tujuan
umum pendidikan. Adapun tujuan umum pendidikan dasar adalah meletakkan dasar
kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup
mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Mengacu pada tujuan umum tersebut, dapat dijabarkan tujuan pendidikan sebagai
berikut.
1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia
2. Meningkatkan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan
dan kemampuan peserta didik
3. Membekali peserta didik dengan pengetahuan yang memadai agar dapat melanjutkan
ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
4. Mengembangkan keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan
untuk menghasilkan lulusan yang dapat memberi kontribusi bagi pengembangan
daerah
5. Mendukung pelaksanaan pembangunan daerah dan nasional
6. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
7. Mendukung peningkatan rasa toleransi dan kerukunan antarumat beragama
8. Mendorong peserta didik agar mampu bersaing secara global sehingga dapat
hidup berdampingan dengan anggota masyarakan bangsa lain
9. Mendorong wawasan dan sikap kebangsaan dan persatuan nasional untuk memperkuat
keutuhan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
10. Menunjang kelestarian dan keragaman budaya
11. Mendorong tumbuh kembangnya kesetaraan jender
12. Mengembangkan visi, misi, tujuan sekolah, kondisi, dan ciri khas sekolah
B. Visi
Dalam merumuskan visi, pihak-pihak terkait (stakeholders) melakukan musyawarah sehingga visi tersebut benar-benar mewakili aspirasi semua pihak yang terkait. Harapannya, semua pihak yang terkait dalam kegiatan pembelajaran (guru, karyawan, peserta didik, dan wali murid) benar-benar menyadari visi tersebut untuk selanjutnya memegang komitmen terhadap visi yang telah disepakati bersama.
Adapun visi SDN  MEKARSARI 03 mencakup ”3 Ter”, yaitu ”Terdepan, Terbaik, Terpercaya”. Dalam mewujudkan visi sekolah tersebut, berbagai pembenahan telah dilakukan, di antaranya
1. pembenahan sarana dan prasarana;
2. pembenahan administrasi;
3. pembenahan mental guru, karyawan, dan peserta didik.
C. Misi
Untuk mencapai visi sebagai sokolah yang terdepan, terbaik, dan terpercaya, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas dan sistematis. Berikut misi SDN Mekarsari 03 yang dirumuskan berdasarkan visi sekolah.
     1. Menyiapkan generasi yang unggul di bidang imtak dan iptek
    2. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama sehingga terbangun insanmyang cerdas, cendekia, berbudi pekerti luhur, dan berakhlak mulia
3. Membentuk sumber daya manusia yang aktif, kreatif, inovatif, dan berprestasi sesuai dengan perkembangan zaman
4. Membangun citra sekolah sebagai mitra terpercaya di masyarakat
5. Melaksanakan pembelajaran yang efektif
6. Menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam kegiatan belajar siswa untuk mendukung pengembangan potensi peserta didik agar berkembang secara optimal
7. Memberikan jaminan pelayanan yang prima dalam berbagai hal untuk mendukung proses belajar dan bekerja yang harmonis dan selaras
Dalam rangka mewujudkan misi tersebut, sekolah berusaha menerapkan peraturan
yang ketat sesuai dengan kedudukan masing-masing dan menjalin komunikasi yang baik untuk menjamin hubungan kerja yang harmonis.
D. Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah dijabarkan berdasarkan tujuan umum pendidikan, visi, dan misi sekolah. Berdasarkan tiga hal tersebut, dapat dijabarkan tujuan SDN Mekarsari 03
1. Terdepan, terbaik, dan terpercaya dalam hal ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2. Terdepan, terbaik, dan terpercaya dalam pengembangan potensi, kecerdasan, dan minat.
3. Terdepan, terbaik, dan terpercaya dalam perolehan nilai UN.
 4. Terdepan, terbaik, dan terpercaya dalam persaingan masuk jenjang SMP dan MTs.
 5. Terdepan, terbaik, dan terpercaya dalam berbagai kompetisi akademik dan nonakademik.
6. Terdepan, terbaik, dan terpercaya dalam persaingan secara global.
7. Terdepan, terbaik, dan terpercaya dalam pelayanan.
Secara berkelanjutan, tujuan sekolah tersebut akan dimonitor, dievaluasi, dan dikendalikan dalam kurun waktu tertentu untuk mencapai hasil yang optimal.


BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. Mata Pelajaran
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Struktur kurikulum SD/MI meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai Kelas I sampai dengan Kelas VI.
Struktur kurikulum SD/MI disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut.
1. Kurikulum SD/MI memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel 3. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
2. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SD/MI merupakan ”IPA Terpadu” dan ”IPS Terpadu”.
3. Pembelajaran pada Kelas I–III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada Kelas IV–VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
4. Pembelajaran pada Kelas I–III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada Kelas IV–VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
5. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
6. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit.
7. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34–38 minggu.
Adapun muatan kurikulum SDN Mekarsari 03 seperti ketentuan tersebut tersusun dalam tabel berikut.
Komponen
Alokasi
I
II
III
IV -VI
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama




3
2. Pendidikan Kewarganegaraan



2
3. Bahasa Indonesia



5
4. Matematika



5
5. Ilmu Pengetahuan Alam



4
6. Ilmu Pengetahuan Sosial



3
7. Seni Budaya dan Keterampilan



4
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan



3
B. Muatan Lokal
    9. Bahasa Jawa
10. Bahasa Inggris




2
2
C. Pengembangan Diri*
    11. Pramuka
  12. Komputer




1
1





*) Ekuivalen 2 jam pelajaran                                       Tabel 3: Struktur Kurikulum SD/MI
B. Muatan Lokal
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada.
Substansi muatan lokal ditentukan oleh sekolah. Sekolah dapat menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal setiap semester atau dua mata pelajaran muatan lokal dalam satu tahun.
Muatan lokal yang menjadi ciri khas daerah pedesaan  dan diterapkan di SDN Mekarsari 03 adalah seperti berikut.
1. Bahasa Jawa
Muatan lokal Bahasa Jawa wajib bagi semua siswa kelas I hingga kelas VI.
Alokasi waktu adalah 2 jam pelajaran.
2. Pertanian
Muatan lokal sekolah tidak wajib bagi seluruh siswa dan hanya diajarkan di kelas IV, V, dan VI. Alokasi waktu yang diperlukan adalah 2 jam pelajaran.
3. Bahasa Inggris
Muatan lokal Bahasa Inggris wajib bagi semua siswa kelas IV hingga kelas VI.
Alokasi waktu yang diperlukan adalah 2 jam pelajaran.
Berikut adalah tabel alokasi waktu untuk mata pelajaran muatan lokal yang diselenggarakan di SD Negeri Mekarsari 03
No
Mata Pelajaran Muatan Lokal
Alokasi Waktu ( JP )
I
II
III
IV
V
VI
1
Bahasa Jawa
2
2
2
2
2
2
2
Mulok sekolah



2
2
2
3
BahasaInggris



2
2
2

Jumlah
2
2
2
6
6
6








      Tabel 4: Alokasi waktu mata pelajaran muatan lokal

C. Pengembangan Diri
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik.

Pengembangan diri di SDN Mekarsari 03 terdiri atas:
1. Pramuka;
2. Komputer.
Program tersebut dilaksanakan 1 dalam seminggu. Hari Sabtu dilaksanakan untuk kegiatan pramuka. Sementara, untuk pelaksanaan kegiatan komputer diatur sesuai jadwal berikut.
Hari
Kelas
Waktu

Senin
I
II
10.00–11.00
11.00–12.00


Selasa
III
IV
11.30–12.30
12.30–13.30


Rabu
V
12.10–13.10


Kamis
VI
12.10–13.10







D. Pengaturan Beban Belajar
Pengaturan beban belajar SDN Mekarsari 03 ditetapkan sebagai berikut.
Satuan
Pendidikan
Kelas
Satu Jam
Pembelajaran
Tatap Muka
(Menit)
Jumlah Jam
Pelajaran Per
Minggu
Minggu Efektif
Per Tahun
Pelajaran
Waktu
Pembelajaran
Per Tahun
Jumlah Jam
Per Tahun
(@ 60 Menit)
SD
I - III
35
30
31
32
36
I. 1.050
II. 1.085
III. 1.120
Jam pembelajaran
Kelas
I. 37.800
menit
II. 39.060
menit
III. 40.320
menit
I. 630
II. 651
III. 672
IV -VI
35
36
36
1.260 jam
pelajaran
( 4 5 . 3 6 0
menit)
756
     Tabel 5: Pengaturan beban belajar
E. Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar setiap indikator yang dikembangkan sebagai suatu pencapaian hasil belajar dari suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 –100 %. Kriteria ideal ketuntasan untuk masing-masing indikator 75 %. Sekolah harus menentukan kriteria ketuntasan minimal sebagai target pencapaian kompetensi (TPK) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik serta kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran. Sekolah secara bertahap dan berkelanjutan selalu mengusahakan peningkatan kriteria ketuntasan belajar untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.
Berikut ini tabel nilai ketuntasan belajar minimal yang menjadi target pencapaian
kompetensi (TPK) di SDN Mekarsari 03
Komponen
Ketuntasan Belajar
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama

65%
2. Pendidikan Kewarganegaraan
70 %
3. Bahasa Indonesia
70 %
4. Matematika
60 %
5. Ilmu Pengetahuan Alam
70 %
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
65%
7. Seni Budaya dan Keterampilan
70 %
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
70 %
B. Muatan Lokal
1. Bahasa Jawa

65 %
2. Pertanian
70 %
3. Bahasa Inggris
65 %
C. Pengembangan Diri
1. Pramuka

B
2. Komputer
B
 Tabel 6: Ketuntasan belajar
F. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
1. Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Kriteria kenaikan
kelas diatur oleh masing-masing direktorat teknis terkait.
a. Kriteria Kenaikan Kelas SD/MI ...........
1) Nilai rapor diambil dari nilai pengamatan, nilai harian, nilai tugas/PR,
nilai tes tengah semester, dan nilai tes akhir semester dijumlahkan untuk
mencari nilai rata-rata setiap siswa dalam satu mata pelajaran, yang
sesuai dengan standar ketuntasan belajar (SKB) di SD/MI .........
2) Nilai rapor di kelasnya masing-masing.
b. Penentuan Kenaikan Kelas
1) Siswa yang naik kelas ditentukan oleh sekolah dalam suatu rapat Dewan
Guru dengan mempertimbangkan SKB, sikap/penilaian/budi pekerti,
dan kehadiran siswa yang bersangkutan.
2) Siswa yang dinyatakan naik kelas, rapornya dituliskan naik kelas ....
3) Siswa yang tidak naik kelas harus mengulang di kelasnya.
2. Kelulusan
a. Kriteria Kelulusan
Hasil ujian dituangkan ke dalam blangko daftar nilai ujian. Hasil ujian
dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan sekolah untuk penentuan
kelulusan dengan kriteria sebagai berikut.
1) Memiliki rapor kelas VI;
2) Telah mengikuti ujian sekolah dan memiliki nilai untuk seluruh mata
pelajaran yang diujikan, menimal nilai masing-masing mata pelajaran
6,00.
b. Penentuan Kelulusan
1) Siswa yang lulus ditentukan oleh sekolah dalam suatu rapat Dewan
Guru dengan mempertimbangkan nilai rapor, nilai ujian sekolah, sikap/
prilaku/budi pekerti siswa yang bersangkutan, dan memenuhi kriteria
kelulusan.
2) Siswa yang dinyatakan lulus diberi ijazah dan rapor sampai dengan
semester 2 kelas VI sekolah dasar.
3) Siswa yang tidak lulus tidak diberi ijazah dan mengulang di kelas terakhir
G. Pendidikan Kecakapan Hidup
Pendidikan kecakapan hidup di SD/MI .................... adalah komputer
PROGRAM PEMBELAJARAN KOMPUTER
SD/MI...........................
Kelas
Materi
I
1. Pengenalan bagian-bagian komputer
2. Games
II
1.Menghidupkan dan mematikan dengan urutan yang benar
2. Games
III
1. Mengetik huruf dan angka
2. Games
IV
1. Mengetik surat
2. Games
V
1. Membuat dan mengetik surat
2. Membuat kolom/tabel jadwal mata pelajaran
VI
1. Membuat surat
2. Menghitung
3. Pengenalan internet
Tabel 7: Program pembelajaran komputer
H. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
Keterampilan betrnak lokal dan global SD/MI ........... adalah ternak kelinci dalam negeri.
Kelas
Materi
I

II

III

IV

V

VI

Tabel 8: Program keterampilan lokal dan global
BAB IV
KALENDER PENDIDIKAN
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada setiap jenjang diselenggarakan
dengan mengikuti kelender pendidikan pada setiap tahun ajaran. Kalender
pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik
selama satu tahun pengajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu
efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur.
A. Alokasi Waktu
Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap
tahun pelajaran. Sekolah/madrasah dapat mengalokasikan lamanya minggu efektif
belajar sesuai dengan keadaan dan kebutuhan.
Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pelajaran setiap minggu, meliputi
jumlah jam pelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal ditambah
jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan
pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat
berbentuk jeda tengah semester, jeda antarsemester, libur akhir tahun pelajaran, hari
libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.
Hari libur sekolah/madrasah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri
Pendidikan Nasional dan/atau Keputusan Menteri Agama dalam hal yang terkait
dengan hari raya keagamaan. Kepala Daerah Tingkat Kabupaten/Kota dan/atau
organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.
Sekolah/madrasah atau sekolah pada daerah tertentu yang memerlukan libur
keagamaan lebih panjang dapat mengatur hari libur keagamaan sendiri tanpa mengurangi
jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif. Bagi
sekolah/madrasah yang memerlukan kegiatan khusus dapat mengalokasikan waktu
secara khusus tanpa mengurangi jumlah minggu efektif dan waktu pembelajaran
efektif.
Hari libur umum/nasional atau penetapan libur serentak untuk jenjang dan jenis
pendidikan disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota. Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran
pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
B. Penetapan Kalender Pendidikan
1. Permulaan tahun pelajaran adalah bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada
bulan Juni tahun berikutnya.
2. Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional
dan/atau Keputusan Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari
raya keagamaan. Kepala Daerah Tingkat Kabupaten/Kota dan/atau organisasi
penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.
3.       Pemerintah pusat/provinsi/kabupaten/kota dapat menetapkan hari libur serempak
untuk satuan-satuan pendidikan.
4.       Kalender pendidikan untuk setiap satuan pendidikan disusun oleh masing-masing
5.       satuan pendidikan berdasarkan alokasi waktu sebagaimana tersebut pada dokumen
6.       standar isi dengan memerhatikan ketentuan dari pemerintah/pemerintah
7.       daerah.
8.       5. Hari belajar efektif adalah hari belajar yang betul-betul digunakan untuk kegiatan
9.       pembelajaran, sesuai dengan ketentuan kurikulum. Jumlah hari belajar efektif dalam 1 (satu) tahun pelajaran adalah 210 (dua ratussepuluh) hari, sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
7. Jam belajar efektif adalah jam belajar yang betul-betul digunakan dalam proses pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum. Jumlah jam belajar efektif setiap minggu untuk kelas I–III (dengan model pembelajaran tematik) adalah 26–28 jam pelajaran, sedangkan untuk kelas IV–VI adalah 36 jam pelajaran.

Berdasarkan ketentuan tersebut, maka kalender pendidikan SD/MI .............
adalah seperti berikut :

1.      ALOKASI WAKTU PADA KALENDER PENDIDIKAN
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Keterangan
1
Minggu efektif belajar
34–38 minggu
Digunakan untuk kegiatan pembelajaran efektif pada setiap satuan pendidikan
2
Jeda tengah semester
Maksimum 2 minggu
Satu minggu setiap semester
3
Jeda antarsemester
Maksimum 2 minggu
Antara semester 1 dan 2




Digunakan untuk penyiapan kegiatan
dan administrasi akhir dan
awal tahun pelajaran
4
5
Libur akhir tahun pelajaran
Hari libur keagamaan
Maksimum 3 minggu
2–4 minggu
Daerah khusus yang memerlukan libur keagamaan lebih lama dapat mengaturnya sendiri tanpa mengurangi
jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif
6

7



8
Hari libur umum/nasional

Hari libur khusus



Kegiatan khusus  sekolah /madrasah
Maksimum 2 minggu

Maksimum 1 minggu



Maksimum 3 minggu
Disesuaikan dengan peraturan pemerintah
Untuk satuan pendidikan sesuai
dengan ciri kekhususan masingmasing
Digunakan untuk kegiatan yang diprogramkan secara khusus oleh sekolah / madrasah tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif








Tabel 9: Alokasi waktu pada kalender pendidikan


PERKIRAAN JUMLAH HARI EFEKTIF SEKOLAH,
KEGIATAN, PENYERAHAN RAPOR, DAN LIBUR SEKOLAH
SDN MEKARSARI 03
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
No.
Semester
Bulan
Hari
Efektif
Sekolah
Kegiatan
Penyerahan
Rapor
Libur Sekolah
Semester
Minggu
Umum
Hari
Raya
1
I
Juli









Agust









Sept









Nop









Des









Jeda









Jml
106






2
II
Jan









Peb









Mar









Apr









Mei









Juni









Jeda









Jml
139







Tabel 10: Perkiraan jumlah hari efektif sekolah, kegiatan, penyerahan rapor, dan libur sekolah SDN Mekarsari 03 pada tahun pelajaran 2012/2013

PERKIRAAN KALENDER AKADEMIK
SD/MI ......................................
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

No
Tanggal
Kegiatan
1
2 s/d 13 Juli ‘12
Libur kenaikan kelas
2
14 Juli ‘12
Persiapan tahun pelajaran 2012/2013
3
16,17,dan 18 Juli 2012
Hari pertama masuk sekolah
4
17 Agustus 2012
Upacara HUT RI
5
20 s/d 23 Agust ‘12
Libur awal Ramadan 1433 H
6
19 Agst ‘12
1 syawal 1433H
7
20 s/d 25 Agust ‘12
Libur Idulfitri
8
1 s/d 6 okt ‘12
UTS 1
9
28 Oktober 2012
Upacara Hari Sumpah Pemuda
10
10 Nopember 2012
Upacara Hari Pahlawan
11
26 Oktober 2012
Libur Idul adha 1433 H
12
15 Nopemb ‘12
Perkiraan Tahun Baru Hijriyah
13
1 s/d 8 Des ‘12
Ulangan akhir semester 1
14
15 Desember ‘12
Penyerahan buku raport semester 1
15
17 s/d 29 Des ‘12
Libur semester 1
16
25 Desember ‘12
Libur Natal
17
01 Januari 2013
Libur Tahun Baru 2013
18
24 Januari ‘13
Libur hari raya Maulid Nabi Muhammad saw
19
10 Pebruari ‘13
Libur Imlek
20
4 s/d 9 Maret ‘13
Kegiatan tengah semester
21
12 Maret ‘13
Libur Nyepi
22
29 Maret ‘13
Libur umum wafat Isa Almasih
23
21 April ‘13
Perayaan Hari Kartini
24
02 Mei ‘13
Upacara Hari Pendidikan Nasional
25
20 Mei 13
Upacara Hari Kebangkitan Nasional
26
7 s/d 9 Mei ‘13
Ujian Sekolah SD (Utama)
27
13 s/d 15 Mei ‘13
Ujian Sekolah SD (Susulan)
28
7 s/d 14 Juni ‘13
Ulangan Kenaikan Kelas
29
22 Juni 2013
Penyerahan Buku Rapor Semester 2
30
24 Juni ‘13 s/d 13 Juli’13
Libur Semester 2




Tabel 11: Perkiraan kalender Akademik SDN Mekakarsari 03  
               Tahun pelajaran 2012/2013
BAB V
PENUTUP
Dengan telah selesainya penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ini, maka SD/MI .................. telah memiliki acuan untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran pada tahun pelajaran 2007/2008. Dengan demikian, mulai tahun 2007/2008 ini, SDN Mekarsari 03 secara serempak akan melaksanakan KTSP untuk semua kelas.
Harapan kami, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang kami susun ini telah memenuhi syarat sehingga seluruh kegiatan yang kami rencanakan dapat berjalan dengan lancar. Kami juga sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak, khususnya para guru, karyawan, peserta didik, dan wali murid agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal. Semoga Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) ini dapat menjadi sarana bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas peserta didik secara lahiriah maupun batiniah.
...................., ...........................
Menyetujui                                                      Kepala Sekolah SD/MI ..............
Komite Sekolah


...................................                                                 ................................................
NIP ...............................
Mengetahui,
Kepala DISDIKPORA KAB/KOTA
................................................
NIP ...............................







DAFTAR PUSTAKA

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. ”Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta:Depdiknas.
Depdiknas. 2006. ”Permendiknas Nomor 22/2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta:
Depdiknas. –––. 2006. ”Permendiknas Nomor 23/2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta:
Depdiknas.–––. 2006. ”Permendiknas Nomor 24/2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas Nomor 22/2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendiknas Nomor 23/2006 tentang Standar Komptensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta:
Depdiknas. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


















Catatan :
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar